Monday, November 3, 2008

Apa itu Hebel ..??

AAC HEBEL

Apa itu HEBEL......?
Hebel bisa disebut sebagai Beton Ringan Aerasi Hebel (Autoclaved Aerated Concrete) yang mempunyai bahan baku utama terdiri dari pasir silika, kapur, semen, air, ditambah dengan suatu bahan pengembang. Kemudian dirawat dengan tekanan uap air. Beton Ringan Aerasi Hebel merupakan bahan bangunan yang ringan dengan kekuatan yang tinggi dan kemampuan insulasi yang sangat baik.

Kekuatan material ini diperoleh dari proses perawatan dangan menggunakan uap air pada autoclave. Reaksi antara kapur dan pasir silika pada suhu sekitar 183ÂșC membentuk suatu subtansi baru yang disebut Tobermorite. Proses pengembangan menghasilkan pori-pori yang tak terhitung jumlahnya. Keseluruhan proses dan substansi yang dihasilkan memberikan karakteristik mekanikal dan fisik Beton Ringan Aerasi Hebel yang luar biasa.



Sejarah Hebel dimulai pada tahun 1943 di Jerman Barat, ketika seorang kontraktor bangunan bernama Joseph Hebel memutuskan untuk mengembangkan sistem bangunan yang lebih baik dengan biaya yang lebih ekonomis. Inovasi-inovasi brilian yang dilakukannya, seperti proses pemotongan dengan menggunakan kawat, membuka kemungkinan-kemungkinan baru bagi perkembangan produk ini.

Ia juga meletakkan dasar bagi pengembangan produk ini dari sekedar suatu bahan bangunan menjadi suatu Sistem Membangun yang menyeluruh dang lengkap. Blok, lintel dilengkapi dengan panel untuk lantai, atap, dan dinding telah berhasil diaplikasikan dengan baik di proyek perumahan, proyek komersial dan industri. Kesuksesan Hebel di Jerman segera dilihat negara-negara lain. Pada tahun 1967 bekerja sama dengan Asahi Chemicals dibangun pabrik Hebel pertama di Jepang. Sampai saat ini Hebel telah berada di 29 negara dan merupakan produsen beton aerasi terbesar di dunia.




Di Indonesia pabrik Hebel berada di Karawang, memproduksi blok dan panel disertai dengan standar mutu internasional. Hebel di Indonesia merupakan Sistem Beton Ringan Terbaik dan Terlengkap saat ini.


Share :

0 comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...